halaman

Friday 24 April 2015

Tips & Trik Merawat Atau Mentreatment Batu Kalimaya Black Opal Banten

Assalamualaikum warrahmatullahi Waabarakatuh. 
Jumpa lagiiiii ...hehehe
Ada sedikit info tentang cara-cara merawat atau mentreatment Batu Kalimaya Black Opal biar keluar Jarongnya yang mau saya share nih, mudah-mudahan manfaat buat yang butuh yah.
langsung aja dibaca dan disimak deh infonya.!

Cara MenTreatment Black Opal sempur dan Black Opal porselen.

(Treatment Black Opal sempur/ruyung (muda)) 
  1. Sempur/ruyung muda masih mengandung zat kayu. 
  2. Jangan treatment Black Opal sempur menggunakan air/(direndam di air hujan) karna zat mineral dari air itu akan mempermuda sifat dari bahan Black Opal sempur itu dan bukannya mempertua (memporselenkan permukaannya) biasanya hasilnya malah akan merah kecoklatan di dalamnya, jadi malah makin mempermuda dan memperlambat proses pengeluaran jarong pada si Black Opal sempur tersebut.
  3. Treatmentlah Black Opal sempur dengan mengunakan minyak, asalkan minyak yg bisa menghantarkan panas/hangat pada Black Opal tersebut. karna dari kandungan minyak yang mempunyai zat panas yang bisa memperkeras bahan Black Opal sempur/ruyung (memporselenkan).
  4. Jemur Black Opal sempur/ruyung di sinar matahari langsung dengan cara di simpan di wadah yang agak luas dan kondisi penjemuran wadah tersebut di beri minyak terlebih dahulu sampai si badan Black Opal terendam setengah badan, atau gunakan metode oles saja, dengan catatan apabila menggunakan metode oles, Black Opal tersebut harus selalu diolesi minyak dan jangan sampai minyak mongering terlalu lama, karena minyak selain dapat memancing jarong untuk keluar juga gunanya melindungi Black Opal yang masih dalam perawatan dari sinar ultraviolet yang dapat merusak permukaan Black Opal sempur tersebut.
  5. Dan jangan lupa sebelum ditreatment, untuk selalu membentuk terlebih dahulu bahan Black Opal  anda, agar nanti ketika telah muncul jarong pada Black Opal yang sedang di treatment, anda tidak bingung membentuk Black Opal tersebut.

(Treatment Black Opal porselen (sempur/ruyung tua).
  1. Didalam Black Opal porselen terdapat silika calon jarong yang belum timbul dan jarang terlihat karena masih tertutupnya pori-pori Black Opal porslen tersebut dan tertutupnya pori-pori Black Opal porselen itu akan menyumbat penyebaran silika yang ada di dalam Black Opal dan oleh sebab itu kita harus memudakan atau membuka pori-pori bahan Black Opal porselen dengan treatment rendam air hujan+garam terlebih dahulu.
  2. Merendam Black Opal porselen dengan air hujan+garam akan membuka pori-pori dan menaikan dan menyebarkan silika ke permukaan Bahan Black Opal yang kita treatment.
  3. Black Opal porselen tidak perlu direndam dengan air hujan dicampur pasir, karena pasir akan menambah/menutup pori-pori Black Opal porselen.
  4. Rendamlah bahan Black Opal porselen dengan air hujan+garam dan setiap siang jemur dibawah sinar matahari, sebelum berlanjut ke treatment minyak dan penjemuran.
  5. Setelah di rendam dengan air hujan+garam cukup lama dan pori-pori Black Opal sudah mulai terbuka/silika sudah mulai terlihat di permukaan, baru lah dilanjutkan ke treatment minyak dan penjemuran.
  6. Dan ketika treatment air hujan+garam selalu tarulah rendaman Black Opal tersebut ditempat yang gelap dan lembab ketika malam hari, dan ketika jemur di bawah sinar matahari pada siang nya.
  7. Dan jangan lupa sebelum bahan Black Opal di treatment, untuk selalu membentuk terlebih dahulu Black Opal anda, agar nanti bila telah muncul jarong, anda tidak bingung membentuk bahan Black Opal tersebut.
semua treatment Bahan Batu Black Opal dan kalimaya membutuhkan kesabaran dan konsisten dalam setiap treatmentnya masing-masing, dan juga pada saat awal pemilihan/penentuan bahan yang akan di treatment, bagus atau tidaknya kualitas bahan Black Opal tersebut juga berpengaruh pada cepat atau lambatnya jarong yang keluar
Baiklah sekian dulu tips & trik mentreatment Batu Kalimaya Black Opal Banten, dan nanti akan kita sambung lagi dengan tips & trik lainnya dalam merawat atau mentreatment bahan Kalimaya Black Opal banten, selamat mencoba dan tetap semangat…....!!!
Tips Dan Triks ini saya dapatkan pada sebuah tanya jawab di group facebook (JUAL BELI.DISKUSI KALIMAYA & BLACK OPAL BANTEN INDONESIA), untuk yang masih penasaran dan menyimpan pertanyaan seputar Black Opal silahkan kunjungi group tersebut, atau silahkan koment dibawah.


Salam Sukses dan Salam Jarong buat semua Black Opal lovers .....!!!!!
Wassalamu'alaikum warrahmatullahi Waabarakatuh

115 comments:

  1. Mang eta treatment make minyakna sakalian ditulis hehehe....... mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap.....nanti saya tulis juga, ga cuma dari kang iko aja tapi dari kang eko, kang mpuy black dan suhu2 yang lainnya...biar lebih lengkap hehehe

      Delete
  2. Kalo getah putih sudah mulai keluar gimana kang??

    ReplyDelete
  3. Kalo udah ada warna garis2/titik ke-emasan gimna kang? Apa itu udah tanda2 kluar jarong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjut trus treat nya mas bro

      Delete
    2. Siap kang broo,,, hee
      Selama treat bagusnya wadah ditutup rapat apa terbuka kang?

      Delete
    3. bagus nya sih di tutup rapat kang, biar panas dari minyaknya tetap di dalam, di toples beling lebih bagus, bekas selai yg buat roti tuh kang, cakep tuh

      Delete
    4. Ok siap kang, makasih bnyak infonya....

      Delete
    5. Ok siap kang, makasih banyak infonya....

      Delete
  4. Kang kalau sudah keluar garis2 putih / biru muda, kita lanjutkan ke treatment perendaman dg mengunakan minyak yang mengandung panas..menurut pengalaman akang berapa lama kira2 proses perendaman tsb sampai keluar Jarong / kembang, (BO sdh porselen) . Mhon responnya kang sebelum nya terima kasih kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo pastinya saya juga belom begitu faham kang, soalnya saya juga baru aja ngikutin cara2 treatment diatas, yah saya share disini biar catetannya juga tetap bisa saya baca, tapiii menurut hasil diskusi dari para suhu digroup black opal yg saya share juga, itu katanya sih paling lama 3 bulanan sudah ok punya tuh jarongnya, itu juga tergantung kualitas bahannya, juga kompasisi minyak yg dipake dan gosok halus sekali seminggu....itu kata mereka, tapi saya percaya mereka kasih info menrut pengalaman mereka kang...

      Delete
  5. Mantapppp.....trimakasih ide nya..kebetulan bo sy sdh keluar getah..menutupi seluruh permukaan bo

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalo udh keluar serat jelly ny trs ke treatment apa?

      Delete
    2. terusin aja bro pake minyaknya, sampe jarongnya nampak

      Delete
  6. Kang pami kanggo ngilanging pasirnya yg masi nempel di BO sempur ranting itu pake air apa,di hamplas boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya seperti yg di kasih tau para master di group facebook tuh bro...di jemur aja sampe mletak lumpurnya, trus di kerok pake hamplas kasar, atau langsung aja di Gospol sekalian lanjut treatment minyak deh

      Delete
    2. kalo ngilangin lumpur pake merode kering ampe mletak, bahan BO αρα ga over head,cz tidak ada pelembabpan di bahan tersebut, sedangkan BO bersifat getas bila penetrasi panasya berlebihan ato bisa ju crak,dan kelama"an pejah....

      Delete
  7. Kumaha kang kanggo ngilangin lumpur(lapindo) yg masih nempel di BO sempur ranting,pake hamplas gpapah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 pake hamplas, langsung di bentuk lebih bagus bro

      Delete
  8. Kang rendam bo porselen pake air hujan+garam nya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sebulanan bro, tergantung bahan deh, maksudnya di rendem pake aer hujan kan supaya BO Porselennya agak lebih muda an, biar bisa langsung di treat minyak

      Delete
  9. Kang rendam bo pake air hujan+garam nya brapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sebulanan bro, tergantung bahan deh, bisa sebulan bisa seminggu bisa lebih lama lagi, tergantung filing ente aja dah. maksudnya di rendem pake aer hujan kan supaya BO Porselennya agak lebih muda an, biar bisa langsung di treat minyak

      Delete
  10. Apakah jelly pasti akan keluar jarong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal pasti atau nggak itu cuma Allah aja yg tau bro hehe
      tapi klo bahan dan perawatannya pas, insyaAllah keluar kalo Black Opal mah

      Delete
  11. Mhmm...nuhun sahring infona. Ari kula mah treatmen black opal make pemanasan lampu pijar listrik. KUla nyieun kotak ukuran lebar 40 cm panjang 60 cm. Sakuriling kota ku kula dilapisan kertas alumuniumfoil supaya nyimpen panas. Pemanasan ti isuk jam 7 sampe ka sore jam 5. tah eta tretmen kula, aya hasilna timbul titik-titik sinar jarong, butuh waktu lila oge.
    Nuhun
    Kula ngarn Risap S.

    ReplyDelete
  12. Jadi lumpur yg menempel harus dibersihkan semua ya kang.?
    soalnyabsaya juga tertarik dengan black opal. Tlg infonya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih begitu bro, soalnya pas ketika di treatment lumpurnya masih nempel ketika jarong keluar dan mau di bentuk, jarong yg sudah ada bisa hilang terbuang, trus mesti treatment lagi dengan waktu yg bisa jadi akan lebih lama
      kerja dua kali dong

      Delete
  13. Gan BO punya ane disekeliling dibawah kulit ada warna putih kaya kristal itu kira2 apa ya?

    ReplyDelete
  14. mas mau tanya soal batu black oval batu yg saya beli dah mulai kecoklatan dan keluar titik2 perak/emas'y terus lanjut ke tahap apa ea mas...selama ini q rendam di minyak terus...mohon info'y kang...

    ReplyDelete
  15. Bang kalau mau ngebentuk bahan black opal ambil kulit atau daging nya. .Si kulit ug hitam nya buang jangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bentuk potongan bagusnya gimana bro....
      gimana selera ente dah

      Delete
  16. Mohon pencerahannya kang ridho...
    Sy baru beli bahan BO apa langkah sy jika?
    1, BO porselen sy bagian daging dalamnya kristal hitam keras namun bagian kulit luarnya masih sempur.
    2, BO sempur sy keluar bercak getah putih namun bercampur lumpur keras,, krn saat dpt barangnya sdh begitu kondisinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di bentuk aja kang, yang pasti mah yg di ilangin itu lumpurnya
      lanjut treatment deh yg sabar

      Delete
  17. Kang ridho boleh minta pin bb atau wa atau line id nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom punya bro...hehehehe
      ntar nunggu ada yg jarong dulu batunya, biar bisa di jual buat beli hape android xixixixixi
      langsung ke fb aja bro..tuh link group nya udah saya share juga di pembahasan

      Delete
  18. kang kalau ciri ciri bo sempur muda kaya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya mah sempur klo masih muda itu warna nya lebih kecoklatan bro, ga bagus klo coklat mah

      Delete
  19. Kalau untuk oerawatan kalimaya Afrika Gimana gan?


    Informasinya lengkap sekali, gan. Lumayan buat nambah inspirasi...
    Tidak dipungkiri, fenomena
    koleksi permata unik
    telah mewabah di nusantaara. Tidak terkecuali
    batu bertuah.
    Bahkan baru-baru ini, banyak orang yang mencari
    batu giok,
    Batu Junjung Drajat,
    Batu Mata Dewa, dan
    Batu Topas. Dari informasi yang beredar,
    batu bertuah
    tersebut memiliki tuah untuk
    kekayaan,
    pelet pengasihan,
    pemikat wanita, dan untuk
    aktivasi cakra.
    Sekedar Informasi, Bila Anda ingin mendapatkan Batu Bertuah Pengasihan  >>>
    KLIK DI SINI.
    Atau, Jika Anda ingin Mencari audio terapi Musik Meditasi >>
    KLIK DI SINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ngarti klo afrika punya mah kang, dia opalnya lebih solid dari banten punya soalnya

      Delete
  20. kang mau tanya. klo di ujung BO nya udh mulai ada Ttik2 merah,ijo,biru tp pas di treatment pake minyak. qo jd putih lg ya kang. mohon info nya kang. salam jarong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa klo bo masih kering trus kena minyak, jarong seperti hilang...lanjut aja kang treat nya

      Delete
  21. Boleh di coba nih..
    O iya... Klo pake minyak gandapura bisa gak ya

    ReplyDelete
  22. Klo pakai minyak gandapura bisa gak ya

    ReplyDelete
  23. jadi intinya klo masih sempur, tapi sudah ada silika putih itu pake treatmen minyak ya om...
    trus klo bahan porselen pake air hujan + garam... setelah keluar silikanya baru lanjut ke treatment minyak yyy???
    Trus seumpama g ada air hujan gantinya apa om???

    ReplyDelete
    Replies
    1. aer kelapa atau aer ac atau aer O2 yg banyak di jual di mini market
      kata para maser mah gitu

      Delete
    2. Sebelum jely silika menutupi permikaan batu brarti belum bisa lanjut treat minyak ya om ?

      Delete
    3. Sebelum jely silika menutupi permikaan batu brarti belum bisa lanjut treat minyak ya om ?

      Delete
    4. Sebelum jely silika menutupi permikaan batu brarti belum bisa lanjut treat minyak ya om ?

      Delete
  24. jadi intinya klo masih sempur, tapi sudah ada silika putih itu pake treatmen minyak ya om...
    trus klo bahan porselen pake air hujan + garam... setelah keluar silikanya baru lanjut ke treatment minyak yyy???

    ReplyDelete
    Replies
    1. aer kelapa atau aer ac atau aer O2 yg banyak di jual di mini market
      kata para master mah gitu

      Delete
    2. Kang numpang tanya...
      Saya punya BO tp masih sempur...kalo di amplas pake amplas basah juga masih ada bekas kayak lumpur gitu...kalo yang kaya gitu saya pake rendaman yg bagus pakai cara apa ya kang..

      Delete
  25. tergantung selera sih...ada yang pake GPU+minyak kayu putih+minyak jaytun atau minyak GPU/Gandapura+minyak kayu putih+kletik+zaytun
    2:1:1:1
    yang pasti perbandingan minyak yg hangatnya lebih banyak bro dari yg lainnya

    ReplyDelete
  26. oh iyya ada jurus lagi nih yg baru : kalau udah ada jelly rendem aje pakai ramuan minyak (olive oil,vco,gpu,ethanol), terus taro ditempat yang sejuk biar kandungan SiO2-nya ketarik keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau FB nya kang ridho apa y?

      Delete
    2. Kalau boleh tau Fb nya kang ridho apa y?

      Delete
    3. Klo gak ada ethanol,gantinya bisa pake apaan gan...atau bli dmn ethanolnya?

      Delete
    4. Kang itu ramuanny di tutup rapat gak wadahnya.. atw dibiarin kebuka..

      Delete
    5. kang bisa tolong dijeasin vco n ethanol yg akang maksud itu apaan ?? klo gak ada itu bisa diganti dgn apa yah kang ?

      mohon pencerahannya

      Delete
    6. Kang perbandingan nya berapa ya kang..?

      Delete
  27. kang kalau pakai trit di goreng bagus gk? makasih sblm nya

    ReplyDelete
  28. Kang kualitas minyak zaitunnya yang untuk kecantikan atau yang gimana???
    Ramuan minyak penghantar panas nya apa aja???
    Bo saya baru keluar garis garis putih itu pertanda apa ya kang???

    ReplyDelete
  29. Minyak zaitun nya yang kualitasnya gimana kang??trus ramuan minyak penghantar panas apa aja??Kalo BO ada garis garis putih itu pertanda apa ya kang???

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas informasi cara merendam batu black opal. Untuk rekan rekan silahkan berkunjung ke blog saya Mengenal Batu Mulia

    ReplyDelete
  31. saya dah 1 minggu ini nyobain trit open tapi belum ada perubahan padahal garis putih/bintik putihnya udah hampir penuh dibatu bo ku..

    ReplyDelete
  32. kalo disiram minyak yg di panaskan itu perlu nggak mang

    ReplyDelete
  33. Bang Ridho q pny BO tp mah muda,blm porselen,tiap siang q jemur smbl d oles mnyk zaitun slma 3 jam,klo malm q taruh d bwa tmpat tidur,sudah kluar bintik garis putih bny,tp msh blm porselen,itu gmana??

    ReplyDelete
  34. Bang Ridho q pny bo msh muda blm porselen,tiap hari q jemur slama 3jam smbl d oles mny zaitun,klo malm q taruh d bwah tmpt tidur,sudah kluar bintik/garis putih hmpir merata d prmukaan y,tp msh blm porselen,itu gmna???

    ReplyDelete
  35. Bang Ridho q pny bo msh muda blm porselen,tiap hari q jemur slama 3jam smbl d oles mny zaitun,klo malm q taruh d bwah tmpt tidur,sudah kluar bintik/garis putih hmpir merata d prmukaan y,tp msh blm porselen,itu gmna???

    ReplyDelete
  36. Bang Ridho q pny bo msh muda blm porselen,tiap hari q jemur slama 3jam smbl d oles mny zaitun,klo malm q taruh d bwah tmpt tidur,sudah kluar bintik/garis putih hmpir merata d prmukaan y,tp msh blm porselen,itu gmna???

    ReplyDelete
  37. Bang Ridho q pny bo msh muda blm porselen,tiap hari q jemur slama 3jam smbl d oles mny zaitun,klo malm q taruh d bwah tmpt tidur,sudah kluar bintik/garis putih hmpir merata d prmukaan y,tp msh blm porselen,itu gmna???

    ReplyDelete
  38. Numpang tny ni bang sy pny BO smpur tp udh jd cincin sebagian btu msh ad lumpur cma d lumpurny udh kluar jarong ny bnyk gmna hilangin ny bang ... tlng info ny

    ReplyDelete
  39. kang abdi numpang nanya siang jemur di dalem toples rapet kasih minyak zaitun+kayuputih sedikit udah keluar putih2. pertanyaannya apa klo malem tetep direndem ful pake minyak kang. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  40. Punten gan, kalo mo jual bahan BO meski kemana ya? thks.....

    ReplyDelete
  41. PUSAT PENJUALAN BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)
    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 500 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 juta 500 ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan
    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu Simpati:0812 3107 1085
    PIN BB: 2ABA93A1
    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

    ReplyDelete
  42. Kalau boleh tau FB nya kang ridho apa y?

    ReplyDelete
  43. Kang ridho..saya punya BO..klo di amplas basah ninggalin bekas lumpur di amplasnya...
    Yg kaya gitu itu termasuk yg muda pa yg tua...
    Trus cara biar tu BO ngeluarin getah pakai cara pa ya kang...
    Nuhun nih kang...

    ReplyDelete
  44. Kang...numpang nanya nih...
    Saya punya BO yg lagi saya rendam pake minyak sayur campur jaytun dn mnyk kayu putih...
    Kadang suka saya amplas basah pakai amplas kasar...trus di amplasnya masih da kotoran kayak lumpur gitu kang...itu trmasuk yg sempur muda pa yg tua kang...
    Trus gmna caranya biar getahnya keluarkan...ciri getahnya seperti pa kang...pa berwarna getahnya pa putih ajj ky gtah bysa

    ReplyDelete
  45. Klo gak ada ethanol diganti apaan mas? Atau bli dimana ethanolnya

    ReplyDelete
  46. Terima Kasih informasinya, Kang..
    Saya beli bahan BO kmaren, yang jual kagak ngarti juga itu bahan origin mana..
    awal beli di cascade treatment, keluar garis putih kebiruan,,
    Ini udah 2 bulanan, garis putih kebiruannya segitu2 aja, ada kayak pasir halus silver gitu tapi, kerlap-kerlip.. Saya treatment Minyak Zaitun..
    Gantinya panas, saya pakai H*T Elektrik gitu, kang..

    Saya salah treatment apa begimana nih kang?

    ReplyDelete
  47. Gam.. mau nanya...
    Cara mrngembalikan warna hitam black opal overheat (dehidrasi) bagaimana yah?
    Putih kusam hampir menutupi warna hitam...
    Kelupaan jemur tanpa minyak...
    Makasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  48. Om ahmad,klo minyak ethanol tuh minyak apaan ya..maaf slnya kurang paham...hehee...trus jika d rendam pake minyak olive oil,vco,gpu,ethanol perlu d jemur lg gakk...maaf banyak tanya...hehee

    ReplyDelete
  49. mau tanya om,. kalau untuk men jarong kan BO ethiopia treatment nya gimana om?

    ReplyDelete
  50. Maaf VCO tersebut apa y kang?

    ReplyDelete
  51. Bang sebenernya yg bikin jarong itu ada penyebabnya sinar matahari,suhu panas atw udara sejuk..tolong jwbnya sy msh bingung

    ReplyDelete
  52. mau tanya nih um ,saya punya BO mungkin masuknya porselen bahannya padet keras seperti batu ,udh dibentuk seukuran kuku jempol tangan udh keluar serat ruyung warna biru tpi bkn jarong ,langkah selanjutnya gimana biar berjarong mohon pencerahannya .terimakasih

    ReplyDelete
  53. Tp kang abi teh gaduh batu BO bandung,, eta bisa kaluar jarong teu kang??? Tp da tos aya serat, ku abi di rendem na pake campuran minyak jaitun arab, kayu putih, GPU, geliga cair, baby oil, orang aring n minyak klapa , kumaha kang mohon petunjuk,,,

    ReplyDelete
  54. Mas brow klo di rebus pk minyak zaitun bagus ap gak..

    ReplyDelete
  55. Good info kang..tapi setelah semua treatmen saya coba akhirnya menemukan jawabannya kang yaitu kesabaran :) hehe...batu yg membuat kita menjadi orang sabar menunggu jarong :)

    ReplyDelete
  56. Good info kang..tapi setelah semua treatmen saya coba akhirnya menemukan jawabannya kang yaitu kesabaran :) hehe...batu yg membuat kita menjadi orang sabar menunggu jarong :)

    ReplyDelete
  57. assalamualaikum, kang tau treatment kalimaya susu?

    ReplyDelete
  58. assalamualaikum, kang tau treatment kalimaya susu ga?

    ReplyDelete
  59. Assakamu alaikum bang mo tnya nih posisi ngebentuk batu bo spa lebih bagua serat brdiri /rebah
    Trms

    ReplyDelete
  60. Aq barusan belah bahan porselen dan ternyata udah ada jelly gt... Keliatan banget garis2 putih kebiruan di seluruh bahan.. Trus harus diapain ya langkah selanjutnya?

    ReplyDelete
  61. Pake cuka aja...tp lumpur jangan di hilangin..

    ReplyDelete
  62. Mw tanya bos,,,apakah bo serat emas dapat mengeluarkan jarong warna warni???

    ReplyDelete
  63. Kang, abdi te mau tanya perbandingan nya berapa ya kang, olive oil, vco,gpu dan ethanol..? Saya ada ikutkan treatment yang di youtube pakai minyak di tutup kerta alumunium lalu di bakar echh BO nya meledak alias bela dua hahaha...

    ReplyDelete
  64. Kang abdi te mau tanya perbandingan antara campuran olive oli, vco, gpu dan ethanol..?

    ReplyDelete
  65. bagaimana caranya untuk mendapatkan ethanol om?? beli dimana yaah??

    mohon pencerahanya bang

    ReplyDelete
  66. kang, saya punya BO di bagian atasnya cuma ada bintik" putih, apa itu tanda" jarongnya udah mati ?

    ReplyDelete